info

Kangmaz- Tanto82 dalam INFO PHOTO ALBUM

Selasa, 10 April 2012

The Outsider '82 dalam Pendakian G. Sumbing


G.Sumbing-Spirit Wolu Loro
Setahun kemudian dari pendakian Gunung Lawu, Team Ekspedisi Wolu Loro menyelenggarakan lagi pendakian G. Sumbing tepat pada tanggal 1 syura 1985 (malam 1 Syura).

Start Pendakian

Desa Garung (1543 mDPL) merupakan desa terakhir  menuju puncak Gunung Sumbing, dapat dengan mudah kita capai karena letaknya yang dilalui jalur bus Magelang-Wonosobo. Dengan bus, kita bisa turun di Gapura Desa Garung (Pasar Reco).

Desa Garung inilah lokasi rekan-rekan Wolu Loro start dan memulai pendakian menuju puncak Gunung Sumbing. Pada awal perjalanan pendakian disini kita melewati jalan setapak yang tersusun dan terbentuk bagaikan tangga tanah yang teratur  dengan kanan kiri hutan pinus dan tumbuh rerumputan. Kira-kira perjalanan memerlukan waktu  setengah jam pada kondisi jalan seperti itu.

Selepas dari jalan tanah bertangga dan berlumut,  mulailah ditemui  jalan  setapak yang tidak  jauh berbeda  ketika mendaki G. Lawu. Team Ekspedisi G. Sumbing Wolu Loro mulai  merasakan dinginnya udara gunung,  namun tetap ada kebersamaan  dan semua  masih  semangat dalam pendakiannya menuju puncak Sumbing. 

Ketika di Padang Rerumputan “Berlaga Tiarap Ala Tentara”

Dalam  even pendakian Gunung Sumbing  ini, yang paling berkesan adalah adanya rekan Wolu Loro yang  seolah-olah berlaga seperti pejuang jaman doeloe ketika dijajah belanda. Berlaga bagaikan tentara dengan posisi tiarap di atas rumput-rumput pegunungan (Padang Rerumputan , lokasi ini yang dikenal dengan Pestan “Pasar Setan”) dengan memegang tongkat yang dibayangkan seolah memegang  senapan (bedhil). Ketika itu dengan merayap .. merangkak .. dan  seolah-olah dengan tongkat  di tangannya ...  rekan kita yang  satu  ini ..  sambil berkata : “wah  jaman  perang apa  tiarap kaya  ngene ki  yo ?” ...  he..he..he ... iya yae kang, jawab aku yang kebetulan  didekatnya.  Memang  rekan kita yang  kesukaannya  mendengarkan .. menonton .. dan  mengkoleksi wayang kulit .. bercita-cita  ingin jadi tentara .... (setelah lulus dari golek ilmu ana ing T. Geodesi, .. dadi kelaksanan  apa  sing  dikarepake .... he..he..he ... mimpi yang menjadikan kenyataan). Hallo rekan .... itu yang saya ingat ketika di padang rerumputan  ... selamat  ya ... salam.

Ketika Penurunan

Lain lagi cerita ketika team Wolu Loro melakukan penurunan dari puncak  Sumbing. Pada saat penurunan dari puncak gunung menuju desa terakhir  (yaitu desa yang digunakan untuk  start pendakian), jalur  yang  dilalui merupakan jalur setapak yang sama dan digunakan  ketika  rekan-rekan mendaki. Di Gunung  Sumbing  ini rekan-rekan “tidak berani  memotong  kompas”  berbeda pada saat penurunan, sebagaimana ketika dilakukan di Gunung Lawu dengan beraninya “memotong kompas”.

Namun  ada kesamaan ketika kita  melakukan penurunan yaitu “tidak bersama-sama berbarengan, cerai berai”...  ada yang masih kuat melakukan penurunan,  dan  ada yang  sudah  loyo ..  sehingga ada yang cepat  jalannya.. ada pula yang pelan-pelan melangkah ... ada yang sabar menemani yang loyo ... ada pula yang ingin segera sampai di desa terakhir. (Disinilah kita semua sebagai pendaki di uji rasa kebersamaan... egoismenya  ... ternyata sulit dan tidak bisa bersama (berbarengan) pada  saat penurunan ...he..he..he.  Tidak seperti ketika kita  melakukan pendakian di mana kita semua  rekan-rekan Wolu  Loro  masih ada rasa kebersamaannya.. saling bantu-membantu, saling tunggu-menunggu).

Sega Rames sebuah kenangan.  

Sebagaimana yang diceritakan di atas bahwa Team Ekspedisi Wolu Loro tidak berbarengan pada saat penurunan,   seingat saya ada 3  rekan yang udah sampai terlebih dahulu di desa terakhir. Dengan rasa pegel linu dan njarem yang dirasakan pada  otot dan tulang-tulang, kami bertiga  merebahkan badan di atas rerumputan di sekitar lokasi (base Camp) tersebut... sambil menunggu rekan-rekan  yang masih melakukan penurunan.
Ketika  salah  satu  rekan kita menyusul dan memberikan info bahwa: “ada 2 rekan yang merasakan pusing dan mual yang memerlukan bantuan”  ....  salah  satunya meminta  dibelikan makan “Sega Rames”.  

Keanehan “He..he..he .. neng  nggunung kok  njalok sega  rames”.  Sakjane  sing  ana  kan tak cadongi sega  jagung... lagu Caping Gunung-Waljinah. Tetapi memang itu benar-benar terjadi pada rekan Wolu Loro ketika penurunan. Mungkin sudah benar-benar pusing, kehabisan tenaga dan terhalusinasi.

Cek-cok dan udur-uduran

Saat kita bertiga beristirahat  dan  mendengar info itu  oleh 1(satu)  rekan pembawa berita, mulailah  udur-uduran, ribut lah  sesama  rekan .... kamu yang menyusul ... kamu yang naik lagi untuk membantu....lho..lho... enak aja kita kan sama2  capaiknya ... neng  situ bertiga  kan udah  istirahat .... aku kan lagi nyampai membawa berita ini, .. ya ora ngono... ya wis yen ngono bareng-bareng  munggah maneh... wegah aku jawab yang lain.  Akhirnya berdua naik lagi menyusul dan akan membantu  namun dengan tangan kosong  “Tidak membawa Sega Rames” arep tuku neng endi...ta kang-kang.  

Dengan rasa badan  capai dan hati jengkel kita berdua naik lagi dengan  maksud memberi pertolongan kepada rekan yang lemah  di lokasi penurunan. Dengan jalan yang sudah tidak sempurna lagi kami berdua mencari rekan pada tiap percabangan jalan. Namun sampai tempat / lokasi terakhir ketika masih bersama-sama saat penurunan, tidak juga  ditemukannya rekan yang sakit tersebut. Kemudian kami berdua memutuskan untuk turun lagi sambil kepala nengok kanan kiri jalan setapak ... siapa tau  mereka tergeletak di pinggir rerumputan. Namun tetap aja tidak ada tanda-tanda untuk bisa ditemukan.

Ketika kami berdua memasuki base camp / lokasi dimana rekan-rekan Wolu Loro sudah berkumpul, dan kami informasikan bahwa pencarian terhadap rekan tidak ditemukan,... sebagian rekan-rekan menjawab .. “lha  iki  sing  mbok  goleki....” , dengan spontan kami .. mengucap “Bajinguk  ii” ... yang tadinya sudah reda rasa kemarahanku.. tambah  jengkel  lagi  aku... dalam hati saya mengira ini mesti digara-gara dan di akali aku..dyamput...he..he..he ..

Tapa Mbisu Kalee

Team Ekspedisi G. Sumbing Wolu Loro dengan kendaraan angkot menuju terminal temanggung,  kemudian ganti naik bus menuju yogyakarta. Disepanjang jalan aku masih merasakan jengkel tidak berucap sama sekali.. alias diam saja (tapa mbisu kalee).

Oooo walah-walah  gara-gara  salah  satu  rekan team  pusing lan loyo  njaluk mangan  “Sega Rames” ketika  penurunan  G. Sumbing,  dadi ribut ..... Tinggal kenangan-kenangan ketika itu ... ooooh The "Outsider '82" .. kang-kang oooh akang "neng  nggunung  iku  ya kang,  “anane sega jagung”  yen ora percaya takokna Nyi. Waljinah.... lagu Caping Gunung. He..he..he..kwekkk..kwekkk.

Ha..ha..ha.. dadi lan kangene aku marang kanca-kancaku wolu loro... Salam Spirit Wolu Loro. Lihat album G. Sumbing di bawah ini :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Alumni T.Geodesi Angk.82 Gama

1


Nama : Ir. Adi Isdiarto

Pek : Swasta- Survey Pengukuran,dan Pemetaan

Alamat : Jl. Tegalsari Timur 1, No.97-A, SEMARANG

Email: adi.isdiarto@gmail.com

PIN BB:

No. Hand Phone: 081 3256 232 34

2


Nama : Ir. Agung Wuryanto

Pek : Wiraswasta - Ustad

Alamat : Jl. CemaraNo.11, KLATEN

Email:

PIN BB:

No. Hand Phone: 081 619 598 19

3


Nama : Ir. Agus Dwi Widiyanto

Pek : PT.Pama Persada Nusantara

Alamat : Perumahan Candi Indah Kav.7, Wedomartani, Sleman

Email: agusdw1001@gmail.com

PIN BB: 2830A66C

No. Hand Phone: 081 150 6886

4


Nama : Ir. Agus Hariyanto

Pek :Swasta-dulu di Avon

Alamat : Jl. Kedung Rukem, III / No. 81 Surabaya, Jawa Timur

Email :

PIN BB :

No. Hand Phone : 081332876123

No

Foto Profile

Identitas dan Alamat

5


Nama : Ir. Agus Moh. Basuki

Pek. : Swasta – Garmen

Alamat : Kopen RT01/RW07 Gg. Apel No. 14 Ngadirejo Kartosuro-Solo

Email:

PIN BB:

No. Hand Phone : 085 642 307 700

6


Nama : Ir. Agus S. Budianto

Pek. : Swasta-Freeport

Alamat : Jalan Ronggowarsito No.4A, SOLO

Email: agus_sby62@yahoo.com

PIN BB: 2689FDD4

No. Hand Phone: 081 2298 2754,

081 393 353 393

7


Nama : Ir. Agus Widiyanto

Pek. : Swasta - Sparepart Kendaraan

Alamat: Blok PA/12, Jl. Aru, Sektor XIV-6, Nusa Loka, Bumi Serpong Damai, TANGERANG SELATAN

Email: agus_widiyanto@yahoo.com

PIN BB: 2364C8AF

No. Hand Phone: 081 118 3889

8


Nama : Ir. Ari Atmawan Prihandono

Pek. : PU Tatakota

Alamat : Perumahan Rakyat Kricak, Jatimulyo PR.4, Yogyakarta

Email: wawankimpraswil@gmail.com

PIN BB:

No. Hand Phone: 081 669 3272

No

Foto Profile

Identitas dan Alamat

9


Nama : Ir. Bagus Puji Wahyono

Pek. : Kementrian Pertahanan

Alamat :, Jalan KRI Anoa 45c, Radio Dalam, Gandaria Utara, JKT

Email: baguspw@ymail.com

PIN BB:

No. Hand Phone: 081 385 338 738

10


Nama : Ir. Bambang Utoyo

Pek. : Swasta

Alamat : jalan Tegal-Klaten No.6A Rt.04/Rw.02 Kel.Klaten, Kec. Klaten, Jawa Tengah

Email:

PIN BB:

No. Hand Phone: 081 596 933 10

11


Nama : Ir. Budi Purwanto

Pek. : Badan Pertanahan Nasional

Alamat : l. Paseban V No. 17 Komplek Panghegar Permai-Bandung

Email: mazboed@bpn.go.id

PIN BB:

No. Hand Phone: 088 8202 586 7

12


Nama : Ir. Dasad Irzani

Pek. : Swasta – Survey Pengukuran,dan Pemetaan

Alamat : Raffles Hills, Blok J-2/7, Cibubur, Cimanggis, DEPOK 16954

Email : dazadirzani@yahoo.com

PIN BB: 25F06A91

No. Hand Phone: 081 188 747 7

13


Nama : Ir. Djoko Trilaksono

Pek. : Developer

Alamat : Jl. Camar 1, Blok E-2, No.10, RT.03/RW.10, Griya Cinere 1, Limo, DEPOK 16515

Email: jktrilaksono@yahoo.co.id

PIN BB :25FA67EC

No. Hand Phone: 081806617600,

14


Nama : Ir. Dwi Nowo Martono, MSi

Pek. : LAPAN

Alamat : Komplek TMII, Jl. Shinta Raya No.70, RT.16/RW.04, Bambu Apus, JAKARTA TIMUR

Email : nowo2003@yahoo.com

PIN BB :31399e9d

No. Hand Phone: 081 599 498 09

15


Nama : Ir. Edy Meidarto

Pek.: Dosen UnLam

Alamat : Jl. Asabri I A5 no. 4 Beringin Raya Bandar Lampung

Email : meidartoedy@yahoo.com

PIN BB :

No. Hand Phone: 081 279 328 61

16


Nama : Ir. Tri Dwi Budi Riyanto

Pek.: Swasta - Konsultan

Alamat : Jalan Ketileng Raya (Ruko PSIS No. 21), tepatnya Waroeng Makan "Sega Sangit's", Semarang.

Email : tridwibudirianto@yahoo.com

PIN BB :

No. Hand Phone: 088 812 261 60

No

Foto Profile

Identitas dan Alamat

17


Nama : Ir. Gatot Suritno

Pek. : Swasta- Survey Pengukuran,dan Pemetaan

Alamat : Jl. Mayjen Sutoyo 7 Sebantengan, UNGARAN

Email : gafinsiwi@yahoo.com

PIN BB :

No. Hand Phone: 081 577 955 28

18


Nama : Ir. Hail Surisno, M.H

Pek. : Badan Pertanahan Nasional

Alamat : Jl. Nata Asri I No.3, Bandung 40225

Email : hailsurisno@gmail.com

PIN BB :2752B76A

No. Hand Phone: 081 222 351 90

19


Nama : Ir. Hardi Sentosa

Pek. : Finance

Alamat : Jalan Garuda I Blok E 2 no. 1, Bintaro Jaya 12330

Email : disentosa@yahoo.com

PIN BB : 21f93c53

No. Hand Phone: 081 618 891 75

20


Nama : Ir. Haryanto

Pek. : Wiraswasta

Alamat : Jl. Raya Ketitang Kidul-Wonopringgo no.17, Ketitang Kidul-Bojong, Pekalongan 51156

Email : haryantoaskarlo82@gmail.com

PIN BB :

No. Hand Phone: 081 229999140

No

Foto Profile

Identitas dan Alamat

21


Nama : Ir. Haryo Wijoseno

Pek. : Badan Pertanahan Nasional

Alamat : Jl. Pemuda 54 B, Blora

Jawa Tengah

Email :

PIN BB :

No. Hand Phone : 081 565 3758 6

22


Nama : Ir. Haryono

Pek : Swasta

Alamat : Sidorejo Gg. Pandu No. 4 (Blok S 4) Jl. Wates KM 3,5 Ngestiharjo, Kasihan, Bantul,Yogyakarta

Email:

PIN BB :

No. Hand Phone : 081578761917

23


Nama : Ir. Heru Asmoro

Pek : Swasta

Alamat : Jl. Masjid Penanggulan, RT 1/4, Pegandon, Kendal

Email : heru.asmoro27@yahoo.com

PIN BB

No. Hand Phone: 081 805 851 515

24


Nama : Ir. I Komang Wedhana, M.Sc

Pek. : Badan Pertanahan Nasional

Alamat : Dalung Permai Blok C.42, Kuta Utara Badung-Bali

Email : ikomangwedana@yahoo.co.id

PIN BB :

No. Hand Phone: 036 174 346 63

No

Foto Profile

Identitas dan Alamat

25


Nama : Ir. Imam Nugroho HS,

Pek : Dinas Pertambangan

Alamat : Jalan Cabowo RT. 002/RW. 005, Ploso Jati, Kudus Jawa Tengah

Email : santo_030963@yahoo.com

PIN BB

No. Hand Phone: 081 228 775 18

26


Nama : Ir Indra Priatna

Pek : Pertamina

Alamat : Perum Permata Puri Laguna, Blok C-3/15, Jl. Radar Auri, Cimanggis, DEPOK

Email : indra.priatna@pertamina.com

PIN BB : 26b81b03

No. Hand Phone: 081 181 654 1

27


Nama : Ir. Jefry Deson

Pek : Chevron

Alamat : Komplek River Park GF I no. 15 Bintaro Sektor 8, Tangerang Selatan

Email:j_deson@yahoo.com

PIN BB : 23749D16

No. Hand Phone: 08121040194

28


Nama : Ir. Ketut Giri Malaya

Pek : Badan Pertanahan Nasional

Alamat : Jalan Kanari No. 11 Ranon, Denpasar-Bali

Email : girimelaya_spp@yahoo.com

PIN BB :

No. Hand Phone: 081 557 481 08

No

Foto Profile

Identitas dan Alamat

29


Nama : Ir. M. B. Djoko Putranto

Pek : Pertamina

Alamat : Komplek LIPI, Blok B2/6, Citayam, BOGOR

Email : djokomb@pertamina.com

PIN BB : 28225D84

No. Hand Phone : 081 116 973 0

30


Nama : Ir. Marsono Yulianto

Pek : Badan Informasi Geospasial

Alamat : Perum Citayam Sejahtera, Blok D-19, Bojong Baru, Bojong Gede, BOGOR

Email : mars_juli@yahoo.co.uk

PIN BB :

No. Hand Phone: 081 3100 716 32

31


Nama : Ir. Marzuki Nur

Pek : Badan Pertanahan Nasional

Alamat : Graha Sendang Mulyo, Blok HH-4/2, SEMARANG

Email : masnur63@ymail.com

PIN BB : 2285F9C7

No. Hand Phone: 081 229 682 93

32


Nama : Ir. Mohammad Adi Darmawan,M.Eng.Sc

Pek : Badan Pertanahan Nasional

Alamat : Jalan Prof. Dr. Sardjito No. 26 Terban, Yogyakarta

Email :

PIN BB :

No. Hand Phone: 081 367 620 284

No

Foto Profile

Identitas dan Alamat

33


Nama : Ir. Muhtadi Ganda Sutrisno

Pek : Badan Informasi Geospasial

Alamat : Bella Casa Residence Blok E1, No.9 Rt.01/Rw.23, Depok-Jawa Barat.

Email : ganda@bakosurtanal.go.id

Muhtadi_gs@yahoo.com

Muhtadi.gs@gmail.com

PIN BB : 2615EE9A

No. Hand Phone : 081 2957 640 8

34


Nama : Ir. Prihartanto

Pek : Badan Pertanahan Nasional

Alamat : Perumahan Mejasem Barat Blok O No.21,. Tegal

, Email : prihartanto.geo82@gmail.com

tanto_prihartanto@yahoo.co.id

PIN BB :28911d46

No. Hand Phone : 081 648 901 28

081 328 187 400

35


Nama : Ir. Rochmad Manu Martono

Pek : Badan Pertanahan Nasional

Alamat : Jl. Batan Timur 5, No.8, SEMARANG

Email : rmanumartono@yahoo.com

PIN BB :

No. Hand Phone : 081 355 896 111

36


Nama : Ir. Syaifuddin Ashari

Pek : Kepala Desa

Alamat : Jl. Raya Payaman, RT 20/RW10,Tegowanon, Secang, Magelang

Email :

PIN BB :

No. Hand Phone: 081 575 028 535

No

Foto Profile

Identitas dan Alamat

37


Nama : Ir. Sakur Hamid

Pek : Swasta-Pelayaran (Lloyd)

Alamat : Griya Lembah Depok, Blok F-3, No.5, DEPOK

Email : s.hamid@ponl.com

PIN BB : 2909B784

No. Hand Phone: 081 386 826 140

38


Nama : Ir. Setiawan

Pek : Swasta -Pemetaan

Alamat : Perum Griya Fortuna Blok B11 no.1 Bojong Gede Bogor kode pos 16320

Email : setiawan.bogor@gmail.com

PIN BB :

No. Hand Phone: 085 921 654 104, 082110967679, 087770423111, 02170751806.

39


Nama : Ir. Sri Hardono

Pek : Swasta – Pemetaan

Alamat : Jl. Elang 1 No.9, Perum UNS 4, Triyagan, SUKOHARJO

Email :

PIN BB :

No. Hand Phone: 085728091963

081229191963

40


Nama : Ir. Sri Widodo, , M.App.Sc

Pek : Badan Pertanahan Nasional

Alamat : Perumahan Graha Anggrek Mas Blok B 4 nomor 23, Sidoarjo, Jawa Timur

Email : mazdodo77@yahoo.com

PIN BB : 20d76a1c

No. Hand Phone: 081 230 365 59

No

Foto Profile

Identitas dan Alamat

41


Nama : Ir. Sugeng Raharjo

Pek : Wiraswasta

Alamat : Jl. Pahlawan 16 A, Magelang, Jawa Tengah

Email : sugengraharjo_tgd82@yahoo.com

PIN BB :

No. Hand Phone: 081 579 001 91

42


Nama : Ir. Sujoko Sungkono

Pek : Swasta-Konsultan dan Kontraktor

Alamat : Jalan Alue blang Ir, Nusa Indah I/4 ateuk Jawo - Banda Aceh

Email : virgo.sungkono@yahoo.co.id

PIN BB :26c015e3

No. Hand Phone : 0811 687004

43


Nama : Ir. Sutoko

Pek : Swasta-Konsultan dan Kontraktor

Alamat : jl. Perintis Kemerdekaan 800 Purwokerto

Email : anna_disini@yahoo.com

PIN BB :

No. Hand Phone: 0281 630179, 08156970758

44


Nama : Ir. Teguh Hartono

Pek : Swasta

Alamat : Jl. Doreng Utara 11 A, Kuwarasan-Cacaban, Magelang

Email :

PIN BB :

No. Hand Phone: 088 82749059,

0293 367022,

08115003579

No

Foto Profile

Identitas dan Alamat

45


Nama : Ir. Triwibowo

Pek : Badan Pertanahan Nasional

Alamat : Jl. Mangga Rt 02 Rw 03 No. 10 Kelurahan Gandasuli – Brebes

Email : Tinufari@yahoo.com

PIN BB :

No. Hand Phone: 081 274 240 830

46


Nama : Ir. Winduno, M.Eng.Sc

Pek : Badan Pertanahan Nasional

Alamat : Jl. Grafika Utama I Gedawang,Banyumanik Semarang

Email : winduwindow@gmail.com

PIN BB : 274F860C

No. Hand Phone: 081 824 7571

47


Nama : Ir. Y. Dwi Sigit Purnomo

Pek : Badan Informasi Geospasial

Alamat : Perum Bojong Lestari, Jl. Sriwijaya Blok G, No.9, Pabuaran, Bojong Gede, BOGOR

Email : sigitpurnomo@bakosurtanal.go.id

PIN BB : 2246B0F5

No. Hand Phone: 0812 847 7654

48


Nama : Ir. Yudiar Dewanto

Pek : Swasta -Pertambangan

Alamat : Jl. A. Yani km 36,5, Gg. Purnama I no.49, Rt.001/Rw.006. Kel. Komet, Banjarbaru-Kalsel 70711

Email : yudiar_oemartono@yahoo.com

PIN BB :

No. Hand Phone: 081 349 774 326

No

Foto Profile

Identitas dan Alamat

49


Nama : Ir. Zaenuri

Pek : Badan Pertanahan Nasional

Alamat : Rejosari RT.02/RW.01, Purwokerto

Email : damanhurizaenuri@hotmail.com

PIN BB :

No. Hand Phone: 081 569 70197,

081 548 896 640

GEODET 82 GAMA

Nggowes Bersama '82

Kita semua Tahu bahwa kadar emisi CO2 kita sudah mencapai 380 ppm, kadar yg sudah tidak nyaman lagi bagi kita,,hal ini akan berimbas kepada naiknya temperatur bumi, pasti kita semua makin merasakan panas dan teriknya matahari kan?. Apabila kita tidak mulai habbit (kebiasaan) kita dalam hal penghematan penggunaan energi, maka dikhawatirkan 10 tahun lagi..atau 3650 hari lagi kita akan berada pada keadaan yg sangat3 buruk.

sekarang kita sudah berada pada kondisi d mana kadar emisi CO2 di udara berlebih. Dalam jangka 10 tahun lagi, maka…kita benar2 sudah TERLAMBAT untuk melakukan tindakan perbaikan.

Lalu bagaimana cara kita mengurangi emisi CO2 ?

Ingatlah selalu bahwa energi yang kita pakai, entah itu listrik, panas, gerak dan sebagainya sebagian besar d hasilkan dari pembakaran minyak bumi yg berujung pada kenaikan kadar CO2 di atmosfer. Jadi mulailah menghemat energi kapanpun dan dimanapun, dengan merubah KEBIASAAN BOROS ENERGI kita, menjadi pribadi yg HEMAT ENERGI.

Salah Satu di antara solusi-solusi yang lainnya Untuk Mengurangi Kandungan CO2 di Udara Semakin Meningkat, adalah Beraktifitas dengan Bersepeda ... “Nggowes Bersama Yoo”

Nggowes Bersama '82

Nggowes Wisata Bersama '82